Cara sederhana Install Windows tanpa cd drive

Blog ini sengaja saya tulis untuk membantu para user yang sering coba coba dengan laptop atau pc, dimana sering terjadi system error atau terkena virus  sehingga terpaksa harus reinstall ulang.

Dalam kondisi umum, baik PC atau Laptop yang mempunyai perangkat komplit sih gak masalah, tapi bagaimana kalau minim perangkat misal gak ada cd drivenya,  jadi bingung kan…

Tenang, gak usah bingung sebelum dibawa ke dokter komputer yang tentu harus merogoh kocek , coba install sendiri dengan tips yang saya berikan ini…

Ok langsung saja :

1. Persiapkan Flashdisk kosong dengan ukuran 1 gb ke atas

2. Download Software agar Flashdisk bisa menjadi bootdisk disini dan disini

3. Extract kedua file hasil download tadi

4. Masukkan flasdisk yang akan dijadikan bootdisk

5. Jalankan aplikasi HPUSB flash dengan klik ganda pada file HPUSBFW.EXE (file hasil download 1) dan akan muncul seperti gambar dibawah ini:
6. Centang pada pilihan Create a DOS startup disk, kemudian pada pilihan “using DOS system files located at” klik tombol sebelah kanan (browse) dan arahkan pada direktori hasil ekstrak dari file dos.zip (hasil extract file download ke 2)

7. Kemudian klik Start. Tunggu sampai proses format selesai.

8. Setelah proses format selesai, copy-kan file-file yang ada pada direktori DOS (hasil  download ke 2 ) ke flashdisk, kecuali file COMMAND.COM, IO.SYS, dan MSDOS.SYS.

9. Sampai tahap ini Flasdisk anda sudah siap untuk digunakan sebagai bootdisk, tinggal copy cd installernya ke dalam flasdisk ,tentu untuk tahap ini kita harus menggunakan komputer yang ada cdnya ( Pinjam deh kalau gak ada)

10. Untuk Install Windows XP anda harus masuk ke folder I386 kemudian pada prompt (c:\) ketik winnt kemudian tekan enter dan ikuti perintah install sampai selesai…

11. Bagi pengguna WIndows 98 setelah muncul prompt bisa ketik setup pada prompt(c:\) kemudian enter dan ikuti perintah install sampai selesai.

Penting : Sebelum proses install XP atau windows 98 anda harus merubah setting bios yang ada pada Laptop atau PC anda, pada urutan boot pertama  pilih USB/flashdisk. Hal ini dimaksudkan agar pada saat booting yang pertama dieksekusi adalah flasdisk bukan hardisk lokal.

Selamat  Mencoba…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: